Di sini kita
akan memulai pelajaran yang menjelaskan bagaimana menyelesaikan tugas tertentu dengan
contoh kode . Pelajaran tersebut akan disusun dalam beberapa kelompok :
1. Memulai membuat sebuah project
Setelah menginstal SDK Android, selanjutnya kita
akan mempelajari dasar-dasar tentang pengembangan aplikasi Android.
2. Menjalankan Aplikasi yang kita buat
3. Membangun Simple User
Interface
4. Memulai pelajaran berikutnya
2. Menambahkan Action Bar
Action bar adalah salah satu elemen
desain yang paling penting yang dapat kita
gunakan untuk membangun sebuah aplikasi. Meskipun
pertama kali diperkenalkan dengan
tingkat API 11,
kita dapat menggunakan action bar
pada perangkat yang menjalankan Android 2.1 atau lebih
tinggi.
1. Menyiapkan Action Bar
2. Menambahkan Action Buttons
3. Styling action Bar
4. Overlay Action Bar
3. Mendukung Device yang berbeda
Bagaimana membangun
aplikasi kita dengan sumber daya alternatif yang memberikan pengalaman untuk pengguna yang optimal pada beberapa faktor dengan menggunakan perangkat APK tunggal.
1. Mendukung Bahasa yang berbeda.
2. Mendukung layar yang berbeda.
3. Mendukung Platform yang
berbeda-beda.
4. Mengatur aktivitas
Bagaimana menciptakan dan menerapkan dalam belajar
pemrograman android agar tidak membosankan.
1. Memulai Sebuah Kegiatan
2. Berhenti dan Melanjutkan sebuah
Kegiatan
3. Menghentikan dan Restart sebuah
Kegiatan
4. Menciptakan sebuah Kegiatan
5. Menciptakan Dynamic UI dengan
Fragments
Bagaimana membangun antarmuka pengguna untuk aplikasi yang
cukup fleksibel untuk ditampilkan ke beberapa komponen UI pada layar besar atau
pada layar yang lebih kecil untuk mengembangkan APK tunggal untuk ponsel dan
tablet.
1. Membuat Fragment.
2. Mengembangkan UI yang fleksibel.
3. Mencoba dengan fragment yang lain.
6. Menyimpan Data
Bagaimana cara menyimpan data pada perangkat, seperti temporary
files, downloaded app assets, user media, structured data, dan yang lainya.
1. Saving Key-Value Sets
2. Saving Files
3. Saving Data in SQL Databases
7. Berinteraksi dengan Aplikasi yang
lain
Bagaimana membangun aplikasi
dengan memanfaatkan aplikasi lain yang tersedia pada perangkat untuk melakukan aktivitas
tingkat lanjut, seperti menangkap foto atau melihat alamat
pada peta.
1. Mencoba menggunakan aplikasi yang
lain.
2. Mendapatkan hasil dari aplikasi
tersebut.
3. Mencoba
agar Aplikasi lain tersebut bisa digunakan.
EmoticonEmoticon