Sabtu, 02 September 2017

Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Keyword Planner

Bagi seorang internet marketer, melakukan riset keywords (kata kunci) untuk mengoptimasi website dari sisi #SEO adalah sebuah keharusan. Dengan melakukan riset keywords kita bisa mengukur berapa besar potensi trafik dari search engine Google yang akan kita dapatkan berdasarkan rangkaian kata kunci yang akan kita optimasi. Salah satu tools gratisan yang bisa kita gunakan untuk menemukan kata kunci yang potensial adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner.

Mengapa saya mengatakan bahwa melakukan riset keywords adalah sebuah keharusan? Ketika kita membangun sebuah website/ blog untuk bisnis, maka trafik tertarget adalah sesuatu yang sangat berharga. Trafik ini bisa kita dapatkan dari banyak sumber, salah satunya adalah dari mesin pencari Google. Jika website/ blog Anda teroptimasi dengan baik untuk keywords yang Anda inginkan, maka kemungkinan besar website Anda tersebut akan berada pada halaman utama setiap kali ada orang yang mengetikkan kata kunci pilihan Anda tersebut. Dan tentunya ini akan memberikan trafik tertarget GRATIS ke website bisnis Anda secara terus menerus yang kemungkinan besar akan menghasilkan konversi.

Disini akan dijelaskan secara detail mulai dari *Apa itu Riset Kata kunci?* ,*langkah efektif yang harus diperhatikan sebelum  melakukan riset kata kunci*, dan *bagai mana cara melakukan riset kata kunci dengan Google Keyword Palanner.

Target Bloger adalah menjadikan blognya populer dan banyak pengunjung, seiring dengan banyaknya pengunjung, maka rating blog akan memiliki peluang besar tampil pada 10 besar mensin pencari google, agar
blog banyak pengunjung, kita harus mengarahkan pengguna internet menemukan dan mengunjungi blog kita, para pengguna internet sebagaian besar akan berusaha melakukan pencarian di mesin pencari dengan memasukan kata kunci pencarian yang relevan dengan apa yang mereka cari. ada beberapa tip yang harus dipersiapkan dengan baik oleh para bloger untuk memancing para pencari agar menemukan dan mengunjungi blog kita, salah satu yang harus dilakukan adalah melakukan riset kata kunci. 

Apa itu riset kata kunci?

Riset kata kunci adalah mencari dan menganalisa padanan kata yang tepat dan relevan yang sering digunakan pengguna internet ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari, padanan kata yang sudah kita dapatkan jika perlu kemudian dianalisa, dimodifikasi atau di revisi untuk digunakan sebagai judul artikel blog atau judul halaman web yang akan kita terbitkan.

Cara Melakukan Riset Kata Kunci       

Studi kasus berikut barangkali bisa memberikan gambaran cara melakukan riset kata kunci, sebagai contoh, Saya adalah seorang penjual jaket kulit yang akan memulai menjual dan memasarkannya secara Online, sebelum produk kita dipasarkan secara online, setidaknya saya akan memikirkan judul yang tepat untuk barang dagangan yang akan saya jual tersebut, saya akan mencari dan memikirkan judul dan akan mendapatkan alternatif lebih dari satu judul untuk menjual jaket kulit tersebut, misal saya berhasil memikirkan dan mendapatkan beberapa alternatif judul seperti dibawah ini:
1.Jual Sepatu Kulit

2. Jual jaket sepatu murah berkualitas

3. Sepatu kulit cantik masa kini

4. Sepatu Kulit Pria dan Wanita

Dengan ke 4 judul diatas tidak ada yang salah dan sah-sah saja ketika saya mengambil salah satu judul diatas untuk di jadikan judul produk yang akan saya jual, missal saya mengambil judul no 1. */Jual Jaket Kulit. /*Memang judul yang diambil tersebut sangat relevan dan bagus, tetapi ada yang harus dipikirkan lebih lanjut bahwa jeket kulit tersebut akan dipasarkan secara online, dan saya yakin tidak sedikit orang yang berbisnis serupa dengan bisnis saya ini yang memasarkan dan menjualnya secara online, untuk urusan mesin pencari sekelas google, kata kunci yang digunakan tersebut bisa jadi memiliki banyak pesaing dari blog/situs lebih tua yang lebih dulu populer, atau situs yang sudah memiliki reputasi yang baik di mesin pencari untuk kata kunci tersebut, dan ini akan sulit menjadikan halaman blog atau situs baru kita dengan kata kunci tersebut ditemukan atau berada pada urutan 10 besar mesin pencari.

Berdasarkan kasus diatas harus ada langkah berikutnya untuk menguji qualitas dari judul /kata kunci yang sudah kita dapatkan tersebut agar tidak kalah bersaing, yaitu dengan cara mengetahui tingkat persaingan dan penggunaan untuk kata kunci tersebut, kita bisa memanfaatkan salah satu tool dari google yaitu*/google keyword planner/*. Belakangan Tool yang sering digunakan untuk riset kata kunci adalah /*Google Adwords External Keyword Tool,*/ namun saat ini tool tersebut sepertinya sudah dihentikan penggunaannya sejak agustus 2013 lalu dan kemungkinan besar tidak bisa digunakan kembali, sebagai
gantinya google menyediakan tool baru yang relative sama, lebih spesik dan dengan tampilan yang berbeda dengan pendahulunya. Tool tersebut adalah */Google Keyword Planner/*, tidak seperti pendahulunya untuk
dapat menggunakan tool baru tersebut kita diharuskan membuat akun google adwords terlebih dahulu, baru kita dapat menggunakan tool tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu kita lakukan dalam melakukan riset keywords dengan Google Keyword Planner:

1. Mendaftar ke Google Adwords

Google Adwords adalah fasilitas gratis yang diberikan oleh Google kepada Advertiser untuk melakukan riset pasar. Agar bisa menggunakan fasilitas Google Keyword Planner, silahkan mendaftar terlebih dahulu ke https://adwords.google.com/ dengan menggunakan akun Gmail Anda. Jika Anda baru pertamakali menggunakan tools ini, Anda akan diarahkan ke halaman Campaigns, lihat gambar.



2. Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Setelah berhasil mendaftar, kita bisa langsung menggunakan tools ini. Selesai langkah pertama di atas, kita akan melihat beberapa menu pada halaman Google Adwords.
2.1. Silahkan klik menu “Tools”, nanti akan muncul pilihan sub menu. Pada bagian sub menu “Tools”, silahkan pilih “Google Keyword Planner”, lihat gambar.

 2.2. Pada halaman berikutnya kita akan melihat beberapa pilihan untuk riset keywords. Silahkan klik pilihan “Search for new keyword and ad group ideas”, lihat gambar.


 2.3. Silahkan masukkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda pada kolom yang tersedia, jangan lupa untuk mengedit bagian “Targeting”. Jika target market Anda Indonesia, masukkan Indonesia pada bagian “Location”, dan masukkan Indonesian pada bagian “Language”. Lalu klik “Get ideas”, lihat gambar.


2.4. Selanjutnya kita akan melihat halaman result di mana kita bisa melihat trend keyword yang kita cari. Jangan lupa klik tab “Keyword ideas” karena kita ingin mencari keywords yang terkait dengan keyword utama kita. Di sana kita juga bisa melihat beberapa data penting seperti, trend tiap keywords 12 bulan terakhir, tingkat kompetisi pengiklan, dan perkiraan nilai CPC untuk setiap keywords. Lihat gambar


Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Keyword Planner 5
2.5. Jika ingin mendowload semua ide kata kunci, silahkan klik link “Download” yang ada di sana dan menyimpannya dalam bentuk file Excel CSV.


3. Catatan Penting

Hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner adalah volume statistik keywords Exact Match atau kata kunci yang persis diketikkan oleh pengguna Google. Terkadang kita melihat bahwa kata kunci pilihan kita tidak begitu banyak dicari pengguna Google, kita bisa memodifikasi kata kunci tersebut dengan menggunakan keyword dari daftar kata kunci yang ada di Google Keyword Planner.


Hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner ini adalah volume pencarian kata kunci yang digunakan dari semua perangkat seperti laptop, komputer, dan mobile, dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Jika kita ingin menampilkan volume pencarian keywords dari masing-masing perangkat (laptop, komputer, mobile) maka tinggal mengubah pilihan “Search volume trends” menjadi “Breakdown by device” atau pilihan lainnya, lihat gambar.


Demikianlah cara riset keywords dengan Google Keyword Planner yang sering saya lakukan saat mencari kata kunci terbaik untuk website saya. Riset kata kunci ini bukanlah jaminan bahwa website/ blog Anda akan mendapat posisi yang baik di SERP Google, namun ini adalah langkah terbaik ketimbang Anda buang-buang waktu memilih keywords sembarang yang jarang atau tidak pernah diketikkan orang di Google. Semoga artikel ini membantu.




EmoticonEmoticon