Bagi seorang internet marketer, melakukan riset keywords (kata kunci) untuk mengoptimasi website dari sisi #SEO
adalah sebuah keharusan. Dengan melakukan riset keywords kita bisa
mengukur berapa besar potensi trafik dari search engine Google yang akan
kita dapatkan berdasarkan rangkaian kata kunci yang akan kita optimasi.
Salah satu tools gratisan yang bisa kita gunakan untuk menemukan kata
kunci yang potensial adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner.

Mengapa saya mengatakan bahwa melakukan
riset keywords adalah sebuah keharusan? Ketika kita membangun sebuah
website/ blog untuk bisnis, maka trafik tertarget adalah sesuatu yang
sangat berharga. Trafik ini bisa kita dapatkan dari banyak sumber, salah
satunya adalah dari mesin pencari Google. Jika website/ blog Anda
teroptimasi dengan baik untuk keywords yang Anda inginkan, maka
kemungkinan besar website Anda tersebut akan berada pada halaman utama
setiap kali ada orang yang mengetikkan kata kunci pilihan Anda tersebut.
Dan tentunya ini akan memberikan trafik tertarget GRATIS ke website
bisnis Anda secara terus menerus yang kemungkinan besar
akan menghasilkan konversi.
Disini akan dijelaskan secara detail mulai dari *Apa itu Riset Kata
kunci?* ,*langkah efektif yang harus diperhatikan sebelum melakukan
riset kata kunci*, dan *bagai mana cara melakukan riset kata kunci
dengan Google Keyword Palanner.
Target Bloger adalah menjadikan blognya populer dan banyak pengunjung, seiring dengan banyaknya pengunjung, maka rating blog akan memiliki peluang besar tampil pada 10 besar mensin pencari google, agar
blog banyak pengunjung, kita harus mengarahkan pengguna internet menemukan dan mengunjungi blog kita, para pengguna internet sebagaian besar akan berusaha melakukan pencarian di mesin pencari dengan memasukan kata kunci pencarian yang relevan dengan apa yang mereka cari. ada beberapa tip yang harus dipersiapkan dengan baik oleh para bloger untuk memancing para pencari agar menemukan dan mengunjungi blog kita, salah satu yang harus dilakukan adalah melakukan riset kata kunci.
blog banyak pengunjung, kita harus mengarahkan pengguna internet menemukan dan mengunjungi blog kita, para pengguna internet sebagaian besar akan berusaha melakukan pencarian di mesin pencari dengan memasukan kata kunci pencarian yang relevan dengan apa yang mereka cari. ada beberapa tip yang harus dipersiapkan dengan baik oleh para bloger untuk memancing para pencari agar menemukan dan mengunjungi blog kita, salah satu yang harus dilakukan adalah melakukan riset kata kunci.
Apa itu riset kata kunci?
Riset kata kunci adalah mencari dan menganalisa padanan kata yang tepat dan relevan yang sering digunakan pengguna internet ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari, padanan kata yang sudah kita dapatkan jika perlu kemudian dianalisa, dimodifikasi atau di revisi untuk digunakan sebagai judul artikel blog atau judul halaman web yang akan kita terbitkan.
Cara Melakukan Riset Kata Kunci
Studi kasus berikut barangkali bisa memberikan gambaran cara melakukan riset kata kunci, sebagai contoh, Saya adalah seorang penjual jaket kulit yang akan memulai menjual dan memasarkannya secara Online, sebelum produk kita dipasarkan secara online, setidaknya saya akan memikirkan judul yang tepat untuk barang dagangan yang akan saya jual tersebut, saya akan mencari dan memikirkan judul dan akan mendapatkan alternatif lebih dari satu judul untuk menjual jaket kulit tersebut, misal saya berhasil memikirkan dan mendapatkan beberapa alternatif judul seperti dibawah ini:
1.Jual Sepatu Kulit
2. Jual jaket sepatu murah berkualitas
3. Sepatu kulit cantik masa kini
4. Sepatu Kulit Pria dan Wanita
2. Jual jaket sepatu murah berkualitas
3. Sepatu kulit cantik masa kini
4. Sepatu Kulit Pria dan Wanita
Dengan ke 4 judul diatas tidak ada yang salah dan sah-sah saja ketika saya mengambil salah satu judul diatas untuk di jadikan judul produk yang akan saya jual, missal saya mengambil judul no 1. */Jual Jaket Kulit. /*Memang judul yang diambil tersebut sangat relevan dan bagus, tetapi ada yang harus dipikirkan lebih lanjut bahwa jeket kulit tersebut akan dipasarkan secara online, dan saya yakin tidak sedikit orang yang berbisnis serupa dengan bisnis saya ini yang memasarkan dan menjualnya secara online, untuk urusan mesin pencari sekelas google, kata kunci yang digunakan tersebut bisa jadi memiliki banyak pesaing dari blog/situs lebih tua yang lebih dulu populer, atau situs yang sudah memiliki reputasi yang baik di mesin pencari untuk kata kunci tersebut, dan ini akan sulit menjadikan halaman blog atau situs baru kita dengan kata kunci tersebut ditemukan atau berada pada urutan 10 besar mesin pencari.
Berdasarkan kasus diatas harus ada langkah berikutnya untuk menguji qualitas dari judul /kata kunci yang sudah kita dapatkan tersebut agar tidak kalah bersaing, yaitu dengan cara mengetahui tingkat persaingan dan penggunaan untuk kata kunci tersebut, kita bisa memanfaatkan salah satu tool dari google yaitu*/google keyword planner/*. Belakangan Tool yang sering digunakan untuk riset kata kunci adalah /*Google Adwords External Keyword Tool,*/ namun saat ini tool tersebut sepertinya sudah dihentikan penggunaannya sejak agustus 2013 lalu dan kemungkinan besar tidak bisa digunakan kembali, sebagai
gantinya google menyediakan tool baru yang relative sama, lebih spesik dan dengan tampilan yang berbeda dengan pendahulunya. Tool tersebut adalah */Google Keyword Planner/*, tidak seperti pendahulunya untuk
dapat menggunakan tool baru tersebut kita diharuskan membuat akun google adwords terlebih dahulu, baru kita dapat menggunakan tool tersebut.
Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu kita lakukan dalam melakukan riset keywords dengan Google Keyword Planner:
1. Mendaftar ke Google Adwords
Google Adwords adalah fasilitas gratis
yang diberikan oleh Google kepada Advertiser untuk melakukan riset
pasar. Agar bisa menggunakan fasilitas Google Keyword Planner, silahkan
mendaftar terlebih dahulu ke https://adwords.google.com/
dengan menggunakan akun Gmail Anda. Jika Anda baru pertamakali
menggunakan tools ini, Anda akan diarahkan ke halaman Campaigns, lihat
gambar.
2. Cara Menggunakan Google Keyword Planner
Setelah berhasil mendaftar, kita bisa
langsung menggunakan tools ini. Selesai langkah pertama di atas, kita
akan melihat beberapa menu pada halaman Google Adwords.
2.1. Silahkan klik menu “Tools”, nanti
akan muncul pilihan sub menu. Pada bagian sub menu “Tools”, silahkan
pilih “Google Keyword Planner”, lihat gambar.
2.2. Pada halaman berikutnya kita akan melihat beberapa pilihan untuk
riset keywords. Silahkan klik pilihan “Search for new keyword and ad
group ideas”, lihat gambar.
2.3. Silahkan masukkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda
pada kolom yang tersedia, jangan lupa untuk mengedit bagian “Targeting”.
Jika target market Anda Indonesia, masukkan Indonesia pada bagian “Location”, dan masukkan Indonesian pada bagian “Language”. Lalu klik “Get ideas”, lihat gambar.
2.4. Selanjutnya kita akan melihat halaman result di mana kita bisa
melihat trend keyword yang kita cari. Jangan lupa klik tab “Keyword
ideas” karena kita ingin mencari keywords yang terkait dengan keyword
utama kita. Di sana kita juga bisa melihat beberapa data penting
seperti, trend tiap keywords 12 bulan terakhir, tingkat kompetisi
pengiklan, dan perkiraan nilai CPC untuk setiap keywords. Lihat gambar
![]() |
Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Keyword Planner 5 |
2.5. Jika ingin mendowload semua ide kata kunci, silahkan klik link
“Download” yang ada di sana dan menyimpannya dalam bentuk file Excel
CSV.
3. Catatan Penting
Hasil yang ditampilkan oleh Google
Keyword Planner adalah volume statistik keywords Exact Match atau kata
kunci yang persis diketikkan oleh pengguna Google. Terkadang kita
melihat bahwa kata kunci pilihan kita tidak begitu banyak dicari
pengguna Google, kita bisa memodifikasi kata kunci tersebut dengan
menggunakan keyword dari daftar kata kunci yang ada di Google Keyword
Planner.
Hasil yang ditampilkan oleh Google
Keyword Planner ini adalah volume pencarian kata kunci yang digunakan
dari semua perangkat seperti laptop, komputer, dan mobile, dalam kurun
waktu 12 bulan terakhir. Jika kita ingin menampilkan volume pencarian
keywords dari masing-masing perangkat (laptop, komputer, mobile) maka
tinggal mengubah pilihan “Search volume trends” menjadi “Breakdown by
device” atau pilihan lainnya, lihat gambar.
Demikianlah cara riset keywords dengan Google Keyword Planner yang
sering saya lakukan saat mencari kata kunci terbaik untuk website saya.
Riset kata kunci ini bukanlah jaminan bahwa website/ blog Anda akan
mendapat posisi yang baik di SERP Google, namun ini adalah langkah
terbaik ketimbang Anda buang-buang waktu memilih keywords sembarang yang
jarang atau tidak pernah diketikkan orang di Google. Semoga artikel ini
membantu.
EmoticonEmoticon