Seseorang yang mengaku ‘ahli SEO’ yang mengatakan bahwa SEO
(Search Engine Optimization) sudah berakhir untuk era algoritma penguin
Google. Saya cukup kaget membaca artikel beliau (maaf saya tidak
sertakan link sumber, silahkan cari di google) dan sempat merasa agak
‘down’ karna SEO adalah salah satu keahlian saya di dunia internet
marketing. Bersaamaan dengan itu beberapa money site saya mengalami
penurunan SERP yang signifikan di search engine google, dan membuat
trafik dan earning anjlok secara drastis. Saya sempat berfikir bahwa
artikel itu benar, bahwa tehnik SEO sudah tamat untuk selamanya.
Lalu saya dan beberapa teman menggali
informasi lebih dalam dan melakukan beberapa riset percobaan mengenai
perubahan yang terjadi pada search engine google. Dan saya menemukan
beberapa informasi dan fakta bahwa sebenarnya tehnik SEO masih bisa
diandalkan namun perlu dimodifikasi. Lalu anda mungkin bertanya kenapa
strategy SEO anda gagal? Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa
strategy SEO yang anda terapkan tidak berhasil atau bahkan memberikan
dampak buruk pada website anda:
1. Website Anda Payah
Inilah kenyataan yang sering terjadi pada era algoritma google panda dan google penguin! Sekarang ini SEO tidak hanya tentang backlinks yang banyak tapi lebih dari itu, sekarang google bot juga melihat kualitas website anda. Anda harus memiliki konten yang berkualitas untuk dapat memenangkan perhatian google. Selain itu google juga memperhatikan aktifitas user di website anda dan juga social media. Jika anda tidak memiliki konten yang disukai oleh user anda atau tampilan dan navigasi yang jelek, kemungkinan besar website anda akan mendapat masalah di SERP, terutama google.
2. Anda Tidak Menggunakan Analytic dan Goal Tracking Inilah kenyataan yang sering terjadi pada era algoritma google panda dan google penguin! Sekarang ini SEO tidak hanya tentang backlinks yang banyak tapi lebih dari itu, sekarang google bot juga melihat kualitas website anda. Anda harus memiliki konten yang berkualitas untuk dapat memenangkan perhatian google. Selain itu google juga memperhatikan aktifitas user di website anda dan juga social media. Jika anda tidak memiliki konten yang disukai oleh user anda atau tampilan dan navigasi yang jelek, kemungkinan besar website anda akan mendapat masalah di SERP, terutama google.
Jika Anda tidak berpikir bahwa menggunakan analytic adalah langkah
yang baik, bagaimana mungkin Anda bisa menyimpulkan bahwa strategi SEO
Anda telah gagal?
Analytic dan program tracking goal akan membantu Anda menentukan
strategi mana yang bekerja dengan baik dan strategi apa yang tidak
bekerja sesuai dengan yang Anda harapkan.
Anda tidak akan pernah tahu mengapa strategi SEO Anda gagal sampai
Anda menengok masa lalu dan melihat bagaimana Anda membuat pilihan yang
berdampak pada kinerja Anda di masa sekarang. Jadi, strategi SEO apa
yang cocok untuk blog Anda?
3. Anda Menggunakan Taktik SEO Yang Lama
Algoritma search engine google atau search engine lainnya selalu berubah dari waktu ke waktu, karna itu taktik SEO yang dilakukan juga berubah dari waktu ke waktu disesuaikan dengan perubahan algoritma search engine. Kampanye SEO yang tidak uptodate bisa berdampak buruk pada SERP (Search Engine Result Page) website anda, selalu lakukan kampanye SEO yang uptodate untuk menjaga posisi SERP website anda.
Algoritma search engine google atau search engine lainnya selalu berubah dari waktu ke waktu, karna itu taktik SEO yang dilakukan juga berubah dari waktu ke waktu disesuaikan dengan perubahan algoritma search engine. Kampanye SEO yang tidak uptodate bisa berdampak buruk pada SERP (Search Engine Result Page) website anda, selalu lakukan kampanye SEO yang uptodate untuk menjaga posisi SERP website anda.
4. Anda Memilih Niche Yang Terlalu Sulit
Memilih niche yang terlalu sulit adalah sebuah resiko pada bisnis anda karena anda pasti akan berhadapan dengan kompetitor lain yang mungkin sudah sangat terkenal dengan niche tersebut. Anda akan berkompetisi dengan website besar dan merek terkenal yang sudah dipercaya oleh search engine, mungkin anda merasa siap untuk berkompetisi tapi ini akan menjadi sesuatu yang membuat anda frustasi, dan anda harus siap dengan itu.
Memilih niche yang terlalu sulit adalah sebuah resiko pada bisnis anda karena anda pasti akan berhadapan dengan kompetitor lain yang mungkin sudah sangat terkenal dengan niche tersebut. Anda akan berkompetisi dengan website besar dan merek terkenal yang sudah dipercaya oleh search engine, mungkin anda merasa siap untuk berkompetisi tapi ini akan menjadi sesuatu yang membuat anda frustasi, dan anda harus siap dengan itu.
5. Niche Anda Terlalu Kompetitif
Anda bisa mencoba untuk bersaing di bidang finansial dan kesehatan. Sayangnya, Anda tidak akan pernah berhasil.
Ada banyak situs yang memiliki brand besar didalamnya. Untuk bersaing
dengan mereka, kesempatan Anda untuk tampil di halaman pertama google
sangatlah kecil. Oleh karena itu, jika Anda tetap ingin bersaing dengan
menggusung kata kunci yang populer, maka pilihan terbaik adalah membuat
konten marketing dan menggunakan sosial media sebagai senjata utama Anda
atau Anda tidak akan pernah berkembang.
6. Anda Tidak Memiliki Tools Untuk Menganalisa Website dan Melacak Tujuan Anda
Mungkin anda tidak mau repot untuk menginstal tools analisa di situs anda, tapi bagaimana mungkin anda mengetahui trafik website anda dan goal anda tercapai jika web anda tidak terinstal tools untuk menganalisanya? Menginstal google analytics pada website anda adalah suatu keharusan bila anda ingin berhasil dalam kampanye SEO anda, sehingga anda tahu apa goal anda yang tercapai dan strategy apa yang cocok untuk kampanye SEO anda.
Mungkin anda tidak mau repot untuk menginstal tools analisa di situs anda, tapi bagaimana mungkin anda mengetahui trafik website anda dan goal anda tercapai jika web anda tidak terinstal tools untuk menganalisanya? Menginstal google analytics pada website anda adalah suatu keharusan bila anda ingin berhasil dalam kampanye SEO anda, sehingga anda tahu apa goal anda yang tercapai dan strategy apa yang cocok untuk kampanye SEO anda.
7. Fokus Kata Kunci Situs Anda Terlalu Sempit
Fokus pada sebuah niche adalah pilihan yang baik, tapi bila anda memilih keywords (kata kunci) yang terlalu sempit atau jarang dicari melalui search engine maka kemungkinan besar trafik yang anda dapatkan juga akan sangat sedikit. Anda perlu sedikit memperluas keywords situs anda untuk mendapatkan kesempatan menjangkau audiens yang lebih luas namun masih tetap pada niche anda.
Fokus pada sebuah niche adalah pilihan yang baik, tapi bila anda memilih keywords (kata kunci) yang terlalu sempit atau jarang dicari melalui search engine maka kemungkinan besar trafik yang anda dapatkan juga akan sangat sedikit. Anda perlu sedikit memperluas keywords situs anda untuk mendapatkan kesempatan menjangkau audiens yang lebih luas namun masih tetap pada niche anda.
Volume pencarian kata kunci sulit diukur secara pasti. Tetapi bukan
berarti Anda tidak perlu mengukur volume pencarian sama sekali.
Banyak strategi SEO gagal karena memang kata kunci yang dibidik
sangat jarang dicari orang. Itu berarti meskipun Anda berada di
peringkat hasil pencarian yang tinggi, pengunjung yang datang hanya
sedikit.
Jika Anda ingin banyak pengunjung, pastikan Anda memilih kata kunci
yang tepat dengan volume pencarian yang tinggi. Rencanakan strategi SEO
Anda berdasarkan kata kunci yang banyak dicari orang, minimal Anda
berada di 3 besar pencarian teratas.
9. Membangun Backlinks Dengan Cara Yang Salah
Membangun backlinks adalah sesuatu yang disarankan untuk kegiatan SEO, kita semua setuju tentang ini! Tapi pada era algoritma panda dan penguin, anda tidak disarankan membangun backlinks dengan cara lama sesuka hati. Anda mungkin pernah tergiur dengan jasa backlinks yang menawarkan 10.000 backlinks dalam tempo singkat dan cukup dengan membayar Rp 100.000,- WOW! Jika anda pernah menggunakan jasa tersebut pada masa panda dan penguin, hasilnya saya bisa tebak… kemungkinan besar kampanye SEO anda gagal! Untuk membangun backlinks yang sehat untuk website anda, anda harus memperhatikan kualitas backlinks, dan harus terlihat natural.
Membangun backlinks adalah sesuatu yang disarankan untuk kegiatan SEO, kita semua setuju tentang ini! Tapi pada era algoritma panda dan penguin, anda tidak disarankan membangun backlinks dengan cara lama sesuka hati. Anda mungkin pernah tergiur dengan jasa backlinks yang menawarkan 10.000 backlinks dalam tempo singkat dan cukup dengan membayar Rp 100.000,- WOW! Jika anda pernah menggunakan jasa tersebut pada masa panda dan penguin, hasilnya saya bisa tebak… kemungkinan besar kampanye SEO anda gagal! Untuk membangun backlinks yang sehat untuk website anda, anda harus memperhatikan kualitas backlinks, dan harus terlihat natural.
10. Anda Tidak Menggunakan Social Media
Saya berkeyakinan bahwa hampir semua orang memiliki akun social media, misalnya twitter, facebook, pinterest, google plus, dan lain-lain. Jika anda memiliki website tapi tidak punya salah satu akun social media, menurut saya ini sebuah kekeliruan besar… sungguh terlalu! Jika anda melakukan kampanye SEO dan berpikir bisa memenangi persaingan SEO tanpa menggunakan social media, maka saya bisa mengatakan bahwa anda sedang membodohi diri anda sendiri!
Saya berkeyakinan bahwa hampir semua orang memiliki akun social media, misalnya twitter, facebook, pinterest, google plus, dan lain-lain. Jika anda memiliki website tapi tidak punya salah satu akun social media, menurut saya ini sebuah kekeliruan besar… sungguh terlalu! Jika anda melakukan kampanye SEO dan berpikir bisa memenangi persaingan SEO tanpa menggunakan social media, maka saya bisa mengatakan bahwa anda sedang membodohi diri anda sendiri!
11. Anda Terlalu Berlebihan Menggunakan Anchor text
Anchor text sangat baik untuk SEO. Tapi di era sekarang terlalu
berlebihan menggunakan anchor text bisa membuat google menganggap Anda
memanipulasi link.
Gunakan Anchor text yang beragam sehingga halaman Anda memiliki
variasi kata kunci yang banyak. Tahu contoh terburuk dari Anchor text
yang berlebihan? Yaitu kontes SEO dengan kata kunci tertentu yang di set
untuk sebuah website.
Beberapa pakar SEO sangat membenci kontes SEO dan berpendapat bahwa
mengadakan kontes SEO untuk mengoptimalkan sebuah kata kunci bisa
berakibat fatal. Saya termasuk orang yang sependapat dengan ide
tersebut.
12. Anda Tidak Memahami Pembaca Anda
Sementara seorang ahli SEO menerapkan strateginya langkah demi
langkah agar bisa tampil di halaman pencarian untuk kata kunci tertentu,
Anda memiliki pembaca yang menginginkan konten-konten tertentu.
Jika Anda memenuhi konten Anda dengan kata kunci, mereka tidak akan
berpikir dua kali untuk mencari referensi lain. Oleh karena itu, buatlah
konten SEO yang tidak penuh dengan kata kunci.
Sebagian blogger meyakini bahwa keberhasilan strategi SEO bukan
sekedar tampil di halaman pertama google. Tapi pada kejeliannya memahami
apa yang dicari oleh pengunjung Anda.
8. Anda Tidak Sabaran
Sangat disayangkan bahwa proses SEO tidak terjadi dengan cepat. Anda melakukan semua effort dengan cara yang benar tapi mungkin hasil yang anda harapkan tidak terlihat dalam hitungan hari atau minggu atau bahkan bulanan. Tidak ada waktu yang pasti kapan kampanye SEO anda akan terlihat hasilnya, tapi saya katakan bahwa effort yang benar dan kesabaran adalah suatu keharusan yang dilakukan oleh seorang webmaster, bahkan ketika anda tidak mendapatkan hasil pada waktunya anda harus tetap melakukan SEO anda dengan sebaik-baiknya.
Demikianlah artikel yang membahas kenapa strategi SEO anda gagal. Semoga bermanfaat.
EmoticonEmoticon